2 Buah Tertulis di AlQuran, Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol

Buah zaitun atau olive

Santapan khas Lebaran memang nikmat. Mulai dari opor, rendang, hingga beragam kue kering.

Hanya saja, https://sukseskas138.com/ hampir semua dari sajian khas Lebaran mengandung kalori dan gula yang tinggi. Ini tentu bisa berdampak buruk terhadap kadar kolesterol dalam darah.

Untungnya, ada ‘obat alami’ penurun kolesterol yang konsumsinya dianjurkan oleh agama. Perlu diketahui, Al-Qur’an sering menyebut nama buah-buahan. Dalam ilmu medis, nama buah-buah tersebut ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan manusia, salah satunya untuk menurunkan kolesterol.

Berikut adalah dua buah penurun kolesterol tinggi yang disebut dalam Al-Qur’an.

1. Buah zaitun atau olive

Zaitun disebutkan tujuh kali dalam Al-Qur’an. Hal ini menunjukkan betapa penting buah tersebut dalam sejarah perkembangan Islam. Buah zaitun tidak hanya memiliki nilai gizi, obat dan kosmetik; tapi juga memenuhi fungsi agama sebagai tanda kebesaran Allah SWT.

Dalam Surat Al Mu’minun ayat 20, Al-Quran memberitahu tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan.

Zaitun juga memiliki asam lemak esensial yang bagus untuk fungsi jantung dan otak, serta polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Bahkan banyak orang memilih minyak dari buah zaitun sebagai pilihan minyak yang lebih sehat dibanding minyak kelapa sawit.

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sekitar 75%. Saat menggantikan lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dari zaitun membantu menurunkan kolesterol jahat. Manfaat kesehatan dari minyak zaitun juga dikaitkan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

2. Buah tin atau buah ara

Al-Qur’an punya satu bab bernama Surah At-Tin yang berarti buah tin. Bahkan, Allah bersumpah atas nama buah tin dan juga buah zaitun.

Referensi buah tin dalam ayat Al-Qur’an berbicara tentang manfaat obat dari buah tersebut. Dalam tradisi Islam, apapun yang namanya digunakan untuk bersumpah oleh Allah memiliki keagungan atau kepentingan yang melekat padanya.

Buah tin atau buah ara memiliki kandungan pektin, serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut menghilangkan kadar trigliserida berlebih dan membantu menghilangkan trigliserida.

Selain itu, buah ara kering mengandung asam lemak Omega 3 dan Omega 6, fitosterol yang bersifat kardioprotektif dan membantu meningkatkan kesehatan otak.

Buah ara yang dalam bahasa Inggris disebut fig juga mengandung magnesium, mineral dalam tubuh yang berperan penting dalam kesehatan tulang dan keseimbangan energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*