2 Juta Orang RI Berobat ke Luar Negeri, Devisa Rp165 T Hilang

Presiden Jokowi saat meresmikan Mayapada Hospital Bandung di Jalan Terusan Buah Batu No. 5, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (06/03/2023). (Dok: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi meresmikan Mayapada Hospital Bandung yang berlokasi di Jalan Terusan Buah Batu Nomor 5, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin (06/03/2023). Dalam sambutannya, Jokowi berharap kehadiran rumah sakit modern seperti Mayapada Hospital Bandung dapat mengurangi jumlah masyarakat yang berobat ke luar negeri.

Menurut kepala negara, berdasarkan data yang diterima saat ini, hampir dua juta masyarakat Indonesia masih memilih untuk pergi berobat ke luar negeri.

“Satu juta-kurang lebih satu juta ke Malaysia, kurang lebih 750 ribu ke Singapura, dan sisanya ke Jepang, ke Amerika, ke Jerman, dan lain-lain, mau kita terus-teruskan?,” tanyanya.

Presiden pun menyatakan bahwa pemerintah akan mendukung penuh pembangunan rumah sakit berstandar internasional. Hal tersebut dilakukan agar Indonesia tidak kehilangan devisa dalam jumlah besar.

“Rp165 triliun devisa kita hilang gara-gara itu, karena ada modal keluar, capital outflow,” katanya.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana dalam peresmian ini adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Tahir, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*