Ancaman China Nyata, Elon Musk Beri Peringatan Menohok

Ancaman China Nyata, Elon Musk Beri Peringatan Menohok

Elon Musk (Getty Images for The Met Museum//Dimitrios Kambouris)

Elon Musk terang-terangan mengakui keunggulan China dalam mengembangkan mobil listrik. Orang terkaya di dunia itu menyebut produsen China akan mendulang sukses yang signifikan secara global.

“Perusahaan mobil China adalah yang paling kompetitif saat ini. Menurut saya, mereka akan sukses di luar China,” kata dia dalam acara kumpul investor Tesla, dikutip dari CNBC International, Jumat (26/1/2024).

Namun, Musk mengatakan kesuksesan China bisa terhambat oleh regulasi dan pembatasan dagang yang diberlakukan negara-negara lain.

“Sejujurnya, menurut saya kalau tidak ada halangan dagang, China akan menghancurkan https://38.180.114.193/ mayoritas perusahaan di dunia,” Musk menuturkan.

Saat ini, Komisi Eropa tengah menyelidiki subsidi yang diberikan ke produsen mobil listrik China. Investigasi itu dilakukan dengan dalih untuk melindungi pemain lokal di Eropa.

Bisa jadi China akan dikenakan biaya tambahan untuk menjual mobil listrik di Eropa. Pasalnya, saat ini China secara agresif mengekspansi mobil listrik murah ke berbagai belahan dunia.

Salah satunya BYD, produsen mobil listrik China yang kini penjualannya sudah mengalahkan Tesla di Q4 2023. BYD dengan cepat mengekspansi penjualannya ke pasar Eropa, Timur Tengah, dan Asia Tenggara.

Startup China lainnya, Nio dan Xpeng, juga mulai meluncurkan produk di Eropa.

Ini bukan kali pertama Musk terang-terangan melontarkan pujian terhadap industri mobil listrik China. Tahun lalu, Musk juga sempat mengutarakan bahwa China merupakan industri mobil listrik paling kompetitif di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*