Dispenser Galon Atas atau Bawah Mana yang Lebih Baik? Ini Bedanya

Dispenser Galon Atas atau Bawah Mana yang Lebih Baik? Ini Bedanya

Woman hand holding glass filling cool water from water dispenser

Jakarta – Dispenser adalah alat yang mempermudah penggunanya untuk mengambil air tanpa perlu mengangkat galon setiap hendak minum. Dispenser juga penggunaannya sangat efisien dan beberapa diantaranya menyediakan fitur penyediaan air panas dan dingin.
Tidak heran jika dispenser tersedia hampir di setiap rumah, selain karena fungsinya yang efisien, juga dispenser memiliki 2 tempat meletakkan galon yakni di atas dan di bawah.

Keduanya sama-sama bisa mengeluarkan air dengan mudah. Adanya dua cara meletakkan galon di dispenser ini sebagai pilihan bagi pengguna yang tidak bisa mengangkat galon air yang berat seperti lansia, ibu hamil, atau orang yang cedera. Pemasangan galon biasanya bisa meminta bantuan dari petugas yang mengantarkan ke rumah, tetapi tidak semua penjual galon memiliki layanan ini.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan dispenser galon di atas atau di bawah ketahui kelebihan dan kekurangannya menurut situs cookindocs.com yang dikutip pada Rabu (21/2/2024) sebagai berikut.

Kelebihan Dispenser Galon Atas
Meletakkan galon atas cukup dengan mengganti dengan tutup berlubang dan badan galon dipasang secara terbalik.

Harga dispenser dengan letak galon di atas lebih murah dan terjangkau.

Lebih mudah mengetahui kapan air perlu diisi ulang.

Kekurangan Dispenser Galon Atas
Dispenser galon atas membutuhkan waktu lama untuk membuat air panas karena bagian atas yang terbuka membuat sirkulasi pemanasan dan pendinginannya lebih lama.

Mengangkat galon yang tengahnya berlubang pasti membuat air berceceran di lantai jika galon terkena guncangan. Selain itu, mengangkat galon berat bisa membuat membuat punggung sakit.
Dispenser galon atas perlu dibersihkan secara rutin karena debu biasa menumpuk di sekitar lubang. Sebaiknya setiap mengganti galon air, dispenser juga dibersihkan.
Kelebihan Dispenser Galon Bawah
Desain galon ini memasukkan galon dari bawah dan tidak perlu diangkat. Dispenser ini menyediakan ruang kosong di bagian bawah dan ada selang yang berfungsi untuk memompa air naik ke atas.

Galon dan air terjamin kebersihannya karena tempat galon tertutup.

Proses pemanasan dan pendinginan air jauh lebih cepat karena galon berada di tempat yang tertutup.
Kekurangan Dispenser Galon Bawah
Dispenser galon bawah memiliki teknologi tambahan untuk membantu air naik ke atas. Selain itu pemasangannya yang jauh lebih aman membuat peminatnya meningkat sehingga harga galon ini jauh lebih mahal.

Ketersediaan air harus sering di cek karena tidak terlihat dari luar.

Lebih sulit dibersihkan karena biasanya bagian-bagian tertentu tidak bisa dibersihkan karena berat dan memang tidak bisa dilepas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*