Drakor Kian Mendunia, Netflix Kocek Rp 37 Triliun di Korea

FILE PHOTO: Gamers and visitors at the booth of Netflix during Europe's leading digital games fair Gamescom, Cologne, Germany, August 21, 2019. REUTERS/Wolfgang Rattay/File Photo

Netflix resmi mengumumkan bahwa pihaknya akan menggelontorkan US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 37,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.930 per US$) untuk konten-konten alias film dan drama di Korea Selatan (Korsel).

Menurut laporan Al Jazeera, hal tersebut dilakukan Netflix karena popularitas budaya Korsel di dunia semakin meningkat tajam. CEO Netflix Ted Sarandos mengatakan bahwa investasi tersebut mencerminkan keyakinan Netflix bahwa pencipta industri kreatif di Korea Selatan akan terus menceritakan kisah-kisah hebat.

“Kami membuat keputusan ini karena kami sangat yakin bahwa industri kreatif Korea akan terus menceritakan kisah-kisah hebat,” ungkap Sarandos dalam sebuah pernyataan, dikutip Selasa (25/4/2023).

Sarandos mengumumkan hal tersebut setelah Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengunjungi Amerika Serikat (AS) selama enam hari. Mendengar pengumuman tersebut, Yoon pun memberikan pujian dengan menyebutkan bahwa hal itu bisa jadi peluang besar bagi kreator Korea dan Netflix.

Seperti diketahui, film dan musik Korsel sukses meraup ketenaran global dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, film Parasite sempat memenangkan empat kategori Oscar pada 2020 lalu. Hal itu seiring dengan melejitnya kesuksesan para artis K-Pop, seperti BTS dan BLACKPINK.

Salah satu serial Netflix, Squid Game juga sempat mengukuhkan posisi sebagai serial yang paling banyak ditonton sepanjang masa setelah dirilis pada 2021 lalu, yakni sebanyak lebih dari 1,6 miliar kali.

Tidak hanya Parasite dan Squid Game, beberapa waktu belakangan ini, The Glory dan Physical:100 juga menempati peringkat serial terpopuler di Netflix.

Menurut catatan Netflix, sekitar enam dari sepuluh pemirsa Netflix menyaksikan program produksi Korsel pada 2022.

“Sungguh luar biasa bahwa kecintaan terhadap acara Korea telah menyebabkan minat yang lebih luas di Korea, berkat cerita menarik dari kreator Korea,” ujar Sarandos.

Menurut data Pemerintah Korsel, ekspor budaya Korsel, seperti musik, video game, dan film sempat mencapai rekor tertinggi pada 2021, yakni US$ 12,4 miliar atau sekitar Rp 185,1triliun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*