Dugaan ART Dikurung Majikan hingga Kelaparan Bikin Polisi Turun Tangan

Jakarta – Seorang asisten rumah tangga (ART), Isabela Pule (20) diduga dikurung di rumah majikannya di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Isabela tak diberi makan hingga kelaparan.
Isa, sapaan akrab ART ini juga mengaku mendapatkan perlakuan tidak manusiawi lainnya dari majikannya. Selain sering dipukuli, Isa juga tidak diberi gaji selama ia bekerja.

Kasus ini viral di media sosial hingga membuat polisi turun tangan. Dalam video viral, Isa terlihat sedang duduk di pagar tembok tetangga dan meminta makanan kepada warga di sana.

Warga yang kebetulan berasal dari NTT juga kemudian memberinya makan. Ia pun menanyakan kepada Isa perihal kondisinya.

“Berapa hari tidak makan? Beta (saya) sayang ko tara (kamu tidak) makan? Dari kemari ko (kamu) tidak makan? Kasihan ko kurus begini tinggal tulang,” tanya perempuan yang memvideokan.

“Rambut siapa yang gunting?” tanyanya lagi.

“Saya sendiri,” jawab korban.

“Yang benar sayangku, jujur. Kita ini dari NTT sama-sama,” kata perempuan itu lagi.

Pengacara korban, Nobertus Elu mengatakan pihaknya telah melaporkan majikannya ke Polres Metro Jakarta Barat.

Nobertus mengatakan dalam kasus ini pihaknya melaporkan majikan perempuan korban. Laporannya teregister dengan nomor LP: 182/II/2024/PMJ/Restro-Jakbar, tanggal 13 Februari 2024.

“Terlapor Ibu C, majikan perempuan. Saksi ada dua orang,” kata Nobertus saat dikonfirmasi.

Polisi Selidiki
Polisi telah menerima laporan terkait kejadian itu. Saat ini polisi masih menyelidiki laporan tersebut.

“Betul laporan sudah kita terima, akan kita tindak lanjuti secara profesional dan transparan,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Andri Kurniawan saat dihubungi, Kamis (15/2).

Andri belum merinci duduk perkara yang ada. Saat ini pihak kepolisian masih menyelidiki kasus yang dilaporkan, termasuk akan melakukan klarifikasi terhadap pihak-pihak terkait.

“Nanti kita lakukan klarifikasi. Sementara masih kita dalami kita usut kita sudah terima laporannya, nanti kita tindak lanjuti secara profesional dan transparan,” ujarnya.

ART Dikurung Saat Majikan Berlibur
Isabela keluar dari rumah dengan memanjat atap. Dia kemudian duduk di pagar tembok tetangga meminta makanan kepada warga yang kemudian videonya viral di media sosial.

“Kemarin ketahuannya itu katanya kan majikannya berlibur. Berlibur ke mana kita nggak tahu,” kata pengacara pengacara korban, Norbertus Elu, kepada wartawan, Kamis (15/2/2024).

“Ketahuannya itu si Isabel kelaparan, karena dikurungnya di situ (di rumah majikan), minta makanlah sama teman kita yang ada di situ juga. Lalu di situ ada yang video, viral makannya,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*