Duh! Kasus Herpes di Korsel Melonjak, Kenali Gejala Awalnya

Ilustrasi Penyakit Herpes. (Dok. Freepik)

Warga Korea Selatan melaporkan lonjakan kasus terinfeksi Herpes Zoster (shingles). Korea Herarld mengutip data National Health Insurance Corporation, tercatat sebanyak 722.257 orang di Korea Selatan terinfeksi, Herpes Zoster, naik 2,4% dari sebelumnya 705.661 di tahun 2017.

Total biaya pengobatan terkait penyakit yang ditanggung untuk individu, keluarga, dan pemerintah Korea berjumlah 166,1 miliar won ($125 juta) terkait virus itu pada 2021, meningkat 11,9 persen dari 2017.

Orang yang paling berpotensi terinfeksi herpes zoster adalah yang berusia di atas 50 tahun. Dari semua kelompok umur, orang berusia 60-an merupakan bagian terbesar dari jumlah total pasien herpes zoster sebesar 23,8%, diikuti oleh mereka yang berusia 50-an dengan 22,4%, dan mereka yang berusia 40-an dengan 15,9% pada 2021.

“Siapa pun yang pernah menderita cacar air bisa terkena herpes zoster, namun risiko terkena herpes zoster meningkat seiring bertambahnya usia. Kebanyakan orang terkena herpes zoster di usia 50-an atau lebih,” kata Kang Yeon-seung, seorang profesor anestesiologi di Rumah Sakit Ilsan, sebuah fasilitas yang dikelola oleh National Health Insurance Corporation, dikutip Minggu (23/4/2023).

“Karena siapa pun dengan sistem kekebalan yang lemah memiliki peningkatan risiko terkena herpes zoster, penting untuk berolahraga secara teratur. Olahraga teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.”

Mengutip Centers for Disease Control and Prevention, virus herpes ini dapat dideteksi karena memiliki ciri-ciri ketika menyerang penderitanya.

Tanda pertama adalah ruam yang menyakitkan dan berkembang di satu sisi wajah atau tubuh. Ruam terdiri dari lepuh yang biasanya berkerak dalam 7 hingga 10 hari dan hilang sepenuhnya dalam 2 hingga 4 minggu.

Sebelum ruam muncul, orang sering mengalami nyeri, gatal, atau kesemutan di area yang akan terinfeksi. Ini mungkin terjadi beberapa hari sebelum ruam muncul.

Biasanya ruam terjadi dalam satu garis di sekitar sisi kiri atau kanan tubuh. Dalam kasus lain, ruam terjadi di satu sisi wajah.

Herpes zoster di wajah dapat memengaruhi mata dan menyebabkan kebutaan. Dalam kasus yang jarang terjadi (biasanya pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah), ruam mungkin lebih menyebar di tubuh dan terlihat mirip dengan ruam cacar air.

Berikut gejala herpes zoster lainnya:

• Demam

• Sakit kepala

• Panas dingin

• Sakit perut

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*