Kata Robert Kiyosaki Ngutang Buat kita Makin Kaya, Kok Bisa?

Robert Kiyosaki

Penulis Buku Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki, mengungkap sebuah metode menghasilkan keuntungan di situs webnya yaitu dengan menggunakan utang atau pinjaman. Namun apakah benar, hal ini “pasti” berhasil?.

“Aturan uang yang baru mengharuskan hutang jika Anda ingin menjadi kaya. Syaratnya, utang itu haruslah utang baik,” tulis pria yang juga menulis buku berjudul ‘Cash Flow Quadrant itu’ itu.

Adapun utang yang buruk menurut Kiyosaki adalah pinjaman yang digunakan untuk liabilitas, seperti mencicil mobil dan liburan, karena hal ini bukan prioritas kebutuhan dan nilainya menyusut seiring waktu.

Sementara utang yang baik digunakan untuk membeli aset yang memberi pemasukan uang tunai ke saku pribadi setiap bulan. Pinjaman lancar tersebut contohnya, pinjaman untuk properti investasi, modal ventura, dan lain-lain.

Bisa dikatakan bahwa utang baik sejatinya hanya dalam konteks bisnis, namun sebaik-baiknya pinjaman, maka akan ada risiko yang muncul dan berpotensi menggerus keuntungan kita terutama jika bisnis atau usaha yang kita jalankan tidak sesuai ekspektasi.

Oleh karena itu sebelum mengajukan utang lakukanlah beberapa hal di bawah ini

Sedia dana darurat 12 x pengeluaran bulanan

Setiap pengusaha tentu memiliki penghasilan yang bersifat fluktuatif, maka alangkah lebih baiknya untuk berjaga-jaga terlebih dulu dengan mempersiapkan dana darurat setara 12 kali pengeluaran bulanan.

Dana darurat tentunya akan membantu Anda mengamankan keuangan di saat rencana bisnis Anda tidak berjalan dengan lancar.

Ingatlah bahwasannya di saat penghasilan Anda tertekan karena risiko bisnis, pengeluaran untuk biaya hidup akan tetap ada.

Tanpa dana darurat yang cukup, Anda bisa saja terpaksa berutang untuk kebutuhan hidup.

Kalau bisnis bisa dimodali pelanggan, itu lebih baik daripada ngutang

Bagaimana caranya pelanggan memodali bisnis kita? Bukankah modal usaha datang dari laba yang ditahan, pinjaman dana atau suntikan dana dari investor?

Anda pasti familiar dengan model bisnis lewat sistem purchase order (PO) atau down payment (DP).

Dengan ini, pelanggan bisa membayar uang muka terlebih dulu yang bisa Anda gunakan untuk memproduksi barang atau mengerjakan proyek yang diminta klien, sebelum akhirnya mereka melakukan pelunasan.

Dengan ini, dana kas bisnis Anda akan tetap Aman. Anda juga tidak akan terbebani secara finansial dengan adanya utang usaha tersebut.

Kenali kemampuan Anda untuk melunasi utang tersebut

Sebelum meminjam, maka sangat penting tentunya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana kemampuan finansial Anda untuk melunasi utang-utang tersebut.

Jika Anda sendiri masih belum yakin dengan bisnis Anda, maka jangan mencoba-coba mengambil pinjaman hanya karena melihat atau mendengar orang lain berhasil sukses karena hal ini.

Kenalilah tujuan Anda dalam mengajukan pinjaman, dan pastikan Anda memang bisa melunasi pinjaman tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*