‘Koki’ & Algojo Putin Buka-bukaan Alasan Rusia Ngotot Perang

This picture taken on July 4, 2017 shows Russian businessman Yevgeny Prigozhin prior to a meeting with business leaders held by Russian and Chinese presidents at the Kremlin in Moscow. (Photo by Sergei ILNITSKY / POOL / AFP)

Perang besar-besaran antara Rusia-Ukraina masih terus berlangsung sejak akhir Februari 2022. Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda perdamaian antara Kyiv dengan Moskow.

Terkait kondisi ini, bos kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, mengungkap situasi mengapa Moskow tidak akan mundur. Menurutnya, hal ini disebabkan niatan Ukraina yang dibantu NATO untuk mengambil kembali wilayah yang telah dikuasai Rusia sejak 2014.

“Tidak diragukan lagi perang akan dimulai kembali. Konflik semacam itu mungkin berubah menjadi lebih tragis dan berdarah daripada yang pertama,” paparnya dikutipĀ Newsweek, Senin (6/3/2023).

“Oleh karena itu, kita perlu berjuang untuk Rusia di sini dan saat ini,”

Prigozhin adalah tokoh yang akhir-akhir ini sangat menonjol dalam perang Rusia-Ukraina. Pasalnya, pasukan Wagner dianggap lebih berhasil dari militer resmi Moskow.

Ia bahkan mendapatkan julukan ‘Koki Putin’ karena ia memulai karirnya untuk mendekati Kremlin dengan menjadi pemilik restoran dan katering. Wagner, yang dimilikinya, pertama kali muncul pada 2014 saat Rusia mengambil Semenanjung Krimea dari Ukraina

Pejuang Wagner binaan Prigozhin telah banyak terlibat dalam operasi Rusia untuk menguasai kota Bakhmut di Donetsk Timur. Kota ini diketahui telah menjadi pusat pertempuran paling sengit antara keduanya selama berbulan-bulan.

“Unsur paling maju dan siap dari pakaian paramiliter Wagner telah bertempur dalam operasi penyerangan di sekitar kota,” kata lembaga Institute for the Study of War.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*