Makan 3 Nastar Setara 1 Piring Nasi, Mitos atau Fakta?

Pekerja tengah membuat kue kering di industri rumahan Pusaka Kwitang di kawasan Kwitang, Jakarta, Senin (4/6). Pengusaha kue kering musiman pusaka Kwitang Hasanudin mengatakan peningkatan permintaan jelang lebaran meningkat hingga 20%. Industri kue kering rumahan ini membuat lima jenis kue kering, seperti kue kacang, kue lidah kucing, kue nastar, kue putri salju, dan kue kastengel. Pak Hasanudin memiliki 25 karyawan dari Jonggol dan Karawang dan warga sekitar Kwitang. Dalam sehari toko kue pak Hasanudin mampu membuat 30 kaleng besar satu kaleng nya 11 kiloan. Harga kue yang dijual ke agen sekitar 50-70 ribuan. Kue kering yang sudah ia masukan dalam kaleng besar dibawa ke agen toko kue kering seperti Pasar Senen dan Jatinegara. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Nastar adalah salah satu kue kering yang paling populer saat perayaan Idul Fitri. Kue kering berisi nanas ini selalu menghiasi meja  dan selalu dicari.

Siapa sangka, https://lahan-duit.site/ di balik kenikmatannya ada mitos bahwa makan 3 butir nastar sama dengan sepiring nasi. Benarkah demikian?

Terkait hal ini, dokter spesialis gizi dr Saptawati Bardosono mengatakan kalori dalam kue nastar berbeda-beda, tergantung bahan yang digunakan. Tetapi, biasanya satu butir nastar disebutnya memiliki 40 kalori.

Jadi, jika memakan tiga butir sama dengan 120 kalori. Jumlah kalori tersebut setara dengan sepiring nasi (100 gram) yang mengandung 130 kalori.

“Dalam satu buah kue nastar, biasanya terkandung 40-an kalori, kalau dibandingkan dengan 100 gram nasi yang punya 130 kalori, maka tentunya akan sama dengan kalau kita mengkonsumsi sekitar 3 buah kue nastar,” kata dr Saptawati dikutip dari CNN Indonesia, beberapa waktu lalu.

“Bergantung pada resepnya akan menghasilkan beberapa butir nastar, sehingga total kalori per resep tinggal dibagi dengan jumlah kue yang dihasilkan,” tambahnya.

Selain nastar, dr Saptawati mengatakan kue kering lainnya yang dibuat dari tepung terigu, mentega, dan gula juga memiliki jumlah kalori yang mirip dengan nastar.

“Kalori kue Lebaran lainnya juga kalorinya mirip-mirip (dengan nastar) karena terbuat dari bahan yang sama,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan untuk menjaga porsi saat mengkonsumsi makanan seperti itu. Sebab, semua makanan yang enak, gurih, dan membuat orang ingin terus mengkonsumsinya biasanya kaya akan kalori, lemak, gula, dan garam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*