Rusia Tangkap Tersangka Pembunuhan Blogger Putin, Siapa?

Blogger militer Rusia yang terkenal, Vladlen Tatarsky, tewas dalam ledakan di sebuah kafe di St. Petersburg. (Tangkapan layar @Twitter)

Penyelidik Rusia mengatakan bahwa mereka telah menahan seorang tersangka atas pembunuhan blogger pro-perang Rusia, Vladlen Tatarsky, yang tewas dalam ledakan di sebuah kafe di St Petersburg.

Komite investigasi Rusia pada Senin (3/3/2023) mengatakan seorang wanita bernama Daria Trepova, yang sebelumnya telah ditahan karena mengambil bagian dalam unjuk rasa anti-perang, ditahan karena dicurigai terlibat dalam ledakan itu.

Adapun, lebih dari 30 orang kini diyakini terluka akibat ledakan yang konon terjadi setelah Tatarsky, seorang pembicara tamu di kafe tersebut, diberikan sebuah patung sebagai hadiah.

Sebelumnya, media pemerintah Rusia, TASS, melaporkan Jaksa St Petersburg Viktor Melnik melakukan perjalanan ke tempat kejadian untuk mengoordinasikan tindakan layanan darurat dan lembaga penegak hukum.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pun sempat menuding Ukraina melakukannya tanpa mengutip bukti.

Para pejabat menyebut insiden ini tampak seperti “serangan berani” terhadap seorang tokoh pro-Kremlin terkenal.

Komite Anti-terorisme Nasional (NAC) Rusia menuduh dinas intelijen Ukraina berperan dalam pembunuhan tersebut.

NAC merilis pernyataan dengan mengeklaim bahwa “aksi teroris terhadap jurnalis terkenal Vladlen Tatarsky direncanakan oleh layanan khusus Ukraina”.

Mereka juga mengeklaim bahwa dugaan plot tersebut melibatkan agen yang bekerja sama dengan Yayasan Anti-Korupsi, sebuah kelompok kampanye yang dibentuk oleh kritikus Kremlin yang dipenjara, Alexei Navalny.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*