Sah! Beli Mobil Listrik Hyundai & Wuling Dapat Subsidi lho..

Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Produksi Indonesia yang di pamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di JIExpo-Kemayoran, Kamis (31/3/2022). IONIQ 5 merupakan mobil listrik yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo).

Pemerintah resmi mengumumkan pemberian bantuan pemerintah untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Adapun bantuan pemerintah untuk kendaraan listrik ini berlaku efektif mulai 20 Maret 2023.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pembelian untuk merek dua mobil listrik yakni Hyundai dan Wuling akan memperoleh bantuan pemerintah.

Agus menyebut, pembelian 35.900 unit mobil listrik pabrikan Hyundai dan Wuling hingga Desember 2023 ini akan mendapatkan bantuan pemerintah.

“Untuk kendaraan roda empat, mobil, di mana kita semua tahu bahwa sekarang ada 2 produsen, Hyundai dan Wuling, diusulkan untuk sejumlah 35.900 unit kendaraan diberi bantuan pemerintah sampai Desember 2023,” tuturnya saat konferensi pers, Senin (06/03/2023).

Adapun untuk pembelian motor listrik, menurutnya bantuan pemerintah akan diberikan kepada 200 ribu unit motor listrik hingga Desember 2023.

“Untuk usulan program 2023 ini kita juga melihat realistis penyerapan market kita, juga serapan kapasitas produksi nasional, kita lihat beberapa yang dihitung, jadi ada formulasi yang sudah dikirim, di mana 2023 usulkan pemberian bantuan pemerintah terhadap pembelian sepeda motor EV sebesar 200 ribu unit motor EV sampai Desember 2023,” jelasnya.

Dia mengatakan, insentif yang diberikan dan akan berlaku bulan ini adalah penghapusan PPnBM bagi kendaraan listrik.

Agus memastikan pedoman umum untuk pemberian insentif KLBB akan rampung dalam waktu satu minggu ke depan.

“Kami siapkan selesai 1 Minggu pedoman umum yang diperlukan Kemenkeu agar segera,” ungkap Agus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*