Studi: Wanita Lebih Suka Pria dengan Wajah Seperti Ini

Ilustrasi kencan

Setiap orang memiliki kriteria atau preferensi masing-masing ketika mencari pasangan. Dan salah satu preferensi itu biasanya termasuk kriteria fisik.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ketika menghadapi ketidakpastian, wanita menjadi lebih tertarik kepada pria dengan fitur wajah yang lebih tegas. Namun, ketika menghadapi kondisi yang sama, pria justru lebih tertarik kepada wanita dengan fitur wajah yang lebih lembut.

Studi yang dipublikasikan di European Journal of Social Psychology ini membedakan antara ketidakpastian aleatory (ketidakpastian karena peristiwa kehidupan yang tidak dapat diprediksi) dan ketidakpastian epistemik (tidak yakin terhadap kemampuan seseorang atau diri sendiri).

Manusia pada dasarnya cenderung merasa sangat rentan saat menghadapi peristiwa yang melibatkan kedua jenis ketidakpastian tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika dihadapkan terhadap ketidakpastian, orang lebih mendambakan keteraturan, mengadopsi keyakinan yang lebih ekstrem, dan menjadi lebih percaya terhadap teori konspirasi. Mereka sering menampilkan perilaku untuk mengurangi ketidakpastian yang sedang dihadapi.

Lantas apakah preferensi mereka terhadap karakteristik pasangan romantis juga berubah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis studi melakukan tiga studi terhadap siswa dan pekerja Amazon Mechanical Turk (MTurk).

Hasil studi pertama menunjukkan bahwa dalam kondisi ketidakpastian, wanita menilai wajah pria yang tangguh lebih menarik dibanding saat mereka berada dalam kondisi pasti. Sebaliknya, pria menilai wajah wanita yang lembut lebih menarik dalam kondisi ketidakpastian dibandingkan dengan kondisi kepastian.

“Kami berhipotesis bahwa dalam kondisi ketidakpastian, orang lebih menginginkan tipe pasangan gender-stereotipikal, karena itu mereka lebih tertarik pada fitur wajah tertentu dari mana karakteristik stereotip ini disimpulkan,” tulis para peneliti.

Studi kedua menunjukkan bahwa di bawah ketidakpastian, preferensi pria terhadap pasangan wanita yang peduli dan preferensi wanita terhadap pasangan pria yang kuat meningkat. Seperti dalam studi pertama, efek ini tidak hadir dalam kondisi pasti.

Adapun studi ketiga menunjukkan bahwa pria menilai fitur wajah yang feminin lebih menarik ketika diminta memikirkan pasangan yang perhatian. Fitur wajah yang tangguh dinilai sedikit lebih menarik ketika peserta diminta memikirkan pasangan yang kuat.

“Ini adalah bukti kuat bahwa orang menyimpulkan dari fitur wajah yang lembut bahwa pasangan itu menghibur dan perhatian, sementara fitur wajah yang keras menyimpulkan bahwa pasangan itu protektif dan kuat,” tulis para peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*