Syarat Bagas/Fikri dan Leo/Daniel Lolos Olimpiade: Harus Juara Terus!

Syarat Bagas/Fikri dan Leo/Daniel Lolos Olimpiade: Harus Juara Terus!

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Badminton Asia Team Championships 2024

Jakarta – PBSI masih berharap dapat meloloskan dua wakil ganda putra ke Olimpiade Paris 2024. Syaratnya, Bagas Maulana dkk wajib juara terus di sisa turnamen kualifikasi.
Selain dari Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, yang kini menempati peringkat kedelapan kualifikasi Race to Olympic, bulutangkis Indonesia sektor ganda putra juga masih berharap pada Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin untuk meningkatkan poinnya agar masuk delapan besar.

Saat ini, kedua pasangan itu masih berada di urutan ke sepuluh dan sebelas ranking qualification Olympic. Sementara, menyesuaikan aturan untuk dapat meloloskan dua wakil ke Olimpiade, atlet harus masuk top 8 khusus sektor ganda, dan 16 besar sektor tunggal.

Sayangnya, langkah Bagas/Fikri dan The Babies kian sulit karena turnamen yang tersisa tinggal enam pertandingan. Sedangkan untuk mengikuti seluruh turnamen tidak mungkin dilakukan karena memengaruhi fokus pemain.

“Untuk Bagas/Fikri dan Leo/Daniel kami turunkan di France Open, All England, dan Swiss. Karena poinnya masih yang terkecil itu sekitar di 4.000-an. Jadi masih memungkinkan kalau poin di turnamen 300, juara satunya kan kalau juara 7.000 jadi masih bisa ambil poin,” kata pelatih ganda putra Aryono Miranat saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung.

“Ini kita jujur agak berat, kenapa? Karena dia kan masih di 68 (ribu) ya. Jadi harus bisa final, juara, final, juara, baru bisa menyusul. Itu syaratnya itu, harus bisa juara, juara, dan juara,” tuturnya.

Aryono sendiri mengakui sampai kini belum memutuskan salah satu dari dua pasang tertentu untuk diprioritaskan ke Olimpiade Paris 2024. “Karena kan mereka sama-sama masih melihat juga ya. Masih ada kemungkinan kalau juara-juara kemungkinan masih bisa ya. Di (ranking) 8 kemungkinan,” dia mengungkapkan.

“Tapi ya itu kan tergantung dari mereka. Kami targetkan untuk tiga turnamen ini (French, All England, dan Swiss) harus bisa maksimal. Maksimal itu artinya final atau juara untuk kalau mau ikut olympic-nya,” kata Aryono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*