Usai Whoosh, China Bakal Kirim Kereta Canggih Tanpa Rel Ini ke RI

Usai Whoosh, China Bakal Kirim Kereta Canggih Tanpa Rel Ini ke RI

Kereta Tanpa Rel China. (CRRC)

Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung telah sukses beroperasi di Indonesia. Setelah Whoosh, kini China disebut bakal mengirim lagi produk kereta canggih lainnya ke Indonesia. Apa itu?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkesempatan menjajal langsung Kereta Otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) alias kereta tanpa rel di China. Dia pun memastikan https://kas138.fyi/ transportasi modern itu bakal dibangun di Indonesia, lokasinya di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Insyaallah Kereta Otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur,” ungkap Budi Karya dikutip dari akun media sosial miliknya, Sabtu (25/1/2024).

Budi Karya terkesan dengan transportasi modern itu. Menurutnya, ART beroperasi dengan menggunakan rel virtual dengan simbol marka jalan serta dilengkapi sistem magnet. Kecepatan ART bisa mencapai 70 km/jam.

Kereta Tanpa Rel China. (CRRC)Foto: Kereta Tanpa Rel China. (CRRC)
Kereta Tanpa Rel China. (CRRC)

“Seperti yang saya lihat di China beberapa waktu lalu, kereta ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. ART berkapasitas total 324 penumpang dengan kecepatan operasional 40 km/jam dan maksimal 70 km/jam,” tuturnya.

Nantinya, pembangunan ART di IKN akan dikoordinir bersama Badan Otorita serta Kementerian PUPR. Selain IKN bukan tidak mungkin transportasi modern ini bisa dibangun di beberapa kota besar lainnya.

“Pembangunan rute ART akan dilakukan dalam 2 fase dan tentunya berkoordinasi bersama Badan Otoritas IKN dan Kementerian PUPR. Oiya, ART juga sangat mungkin dibangun di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Semoga pembangunan berjalan dengan lancar ya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*